The Hammers lolos Liga Eropa lewat drama adu penalti

4-west-ham-liga-eropa

Dengan 10 pemain, West Ham berhasil menghindar dari kekalahan memalukan tim kecil FC Birkirkara dengan kemenangan adu penalti 5-3 setelah tim asal Malta ini memaksakan babak pertambahan waktu dengan kemenangan 1-0 di waktu normal.

Memimpin 1-0 dari leg pertama, tim asuhan Slaven Bilic ini gagal menyamai intensitas yang ditunjukkan oleh tuan rumah dan tertinggal di menit 15 ketika Fabrizio Miccoli berhasil mencetak gol dari jarak dekat.

Peluang the Hammers untuk lolos bahkan harus diuji ketika di jelang turun minum bek tengah James Tomkins, yang mencetak gol penentu kemenangan di leg pertama di Upton Park, secara controversial dikeluarkan wasit terkait pertikaiannya dengan pemain belakang Birkirkara Nikola Vukanac.

Namun tuan rumah ini gagal memanfaatkan keunggulan pemain sebelum, di babak kedua babak tambahan waktu, Mauricio Mazzetti dikeluarkan wasit karena kartu kuning kedua.

Kedua tim ini bermain sama dalam adu penalti dan justru Vukanac, yang terlibat dalam pengusiran Tomkins, yang gagal mengeksekusi penalti yang memungkinkan pemain pengganti Diego Poyet untuk amankan kemenangan ketika the Hammers berhasil memanfaatkan semua lima jatah tendangan penalti mereka dengan baik untuk mencapai babak berikutnya.

Dengan Diafra Sakho yang mendapatkan kartu merah di laga sebelumnya, West Ham hanya memiliki sedikit pilihan dalam lini depan mereka dan jarang melakukan ancaman berarti. Mauro Zarate dimainkan sebagai penyerang tunggal dan pemain pengganti Modibo Maiga terbukti jadi ujung tombak yang tidak bisa diandalkan untuk menghadapi tim asal Malta ini.

Poyet dan Maiga dimasukkan di babak kedua menggantikan kapten Kevin Nolan dan Morgan Amalfitano.

Babak kedua miskin peluang sehingga tidak mengejutkan ketika pertandingan harus dilanjutkan ke babak tambahan waktu.

Kartu merah Mazzetti di awal babak kedua tambahan waktu meyamakan jumlah pemain, dengan Maiga yang sebetulnya bisa mencetak gol tapi dianulir karena terlebih dahulu terperangkap offside.

Hasil itu membawa pada drama adu penalti dan Noble, Zarate, Aaron Cresswell, O’Brien dan Poyet berhasil mengambil tanggung jawab penalti untuk memastikan the Hammers melaju ke babak kualifikasi ketiga menghadapi Astra Giurgiu dari Romania.